Kamis, 18 Agustus 2011

Manfaat internet di bidang sosial

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa teknologi internet sangat membantu perkembangan kamajuan bangsa seperti yang terjadi di Indonesia saat ini. dengan adanya Internet semua kegiatan yang dahulu mustahil untuk dilakukan saat ini bisa dilakukan apalagi saat ini sudah di dukung dengan murahnya biaya akses Internet serta menjamurnya area Free Hotspot.
Internet….Hem..bagi sebagian kalangan yang melek teknologi hal ini sudah menjadi hal yang tidak aneh lagi bahkan ada sebagian orang yang menggantungkan hidupnya (mendapat penghasilan) kepada internet. tetapi saat ini yang menjadi pertanyaan adalah “apakah bangsa Indonesia sudah siap menerima teknologi Internet ini??”
Siap atau tidak siap kita harus mengadopsi teknologi ini jika kita tidak ingin semakin tertinggal dengan negara-negara lain yang sudah maju. Internet memang merupakan fenomena yang luar biasa, dengan internet kita bisa menjadi bangsa yang maju dan dengan internet pula kita bisa menjadi bangsa yang tidak berbudaya atau rusak.
Saat ini sudah bukan hal yang biasa terjadi kejahatan di dunia maya di Negara kita seperti Meyebarnya foto mesum, video mesum remaja, pencurian dunia maya (hacker), pembajakan software serta masih banyak kejahatan yang lainnya. bahkan bangsa kita sudah terkenal dengan kejahatannya di dunia maya atau yang biasa disebut dengan hacker dan cracker.
Mungkin mental bangsa kita yang belum siap dengan teknologi ini sehingga hanya sebagian kecil dari bangsa ini yang memanfaatkan kemajuan internet ini dengan benar. Menurut sebuah penelitian hampir 75% remaja kita mengakses situs pornografi dan biasanya mereka malah dengan bangga mengupload film mesum mereka sendiri dengan pacarnya ke Internet. apa sebenarnya yang menjadi pemikiran mereka???
Para orang dewasa yang dianggap bisa menyikapi teknologi Internet ini dengan baikpun tidak semuanya bisa menyikapi dengan benar. Lalu apa yang harus dilakukan oleh pemerintah dan peran orang tua untuk menghadapi masalah ini??menghentikan teknologi ini???TIDAK, itu bukan jawaban yang tepat. pemerintah seharusnya tetap mengawasi apa yang terjadi di dunia maya dan menindak secara tegas terhadap kejahatan-kejahatan di dunia maya sehingga para pelakunya menjadi jera.
Selain itu para orang tua jangan pernah membiarkan anak-anaknya berselancar di dunia maya sendirian. jika perlu pasanglah software untuk memblok situs-situs yang tidak diinginkan. saat ini sudah banyak tersedia software untuk memantau kegiatan anak-anak berselancar di dunia maya..Selamtakan bangsa ini dengan tanpa meningglkan teknologi. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar